belajar forex untuk pemula
wanita | pelacur | wanita panggilan | memikat wanita | cara memikat wanita | tips memikat wanita | wanita penghibur panggilan | memikat hati wanita | doa memikat wanita | wanita tuna susila | kata memikat wanita | wanita panggilan bandung | wanita panggilan surabaya | wanita malam panggilan | trik memikat wanita | ajian memikat wanita | tip memikat wanita | ilmu memikat wanita | iklan wanita panggilan | harga wanita panggilan | wanita panggilan online | cerita wanita panggilan | ayat memikat wanita | panggilan wanita bali | wanita panggilan bogor |
Facebook

TEKNIK JARINGAN KOMPUTER

Judul: Teknik Jaringan Komputer
Penulis: Virgiawan Listanto
Terbit: Nopember, 2011
ISBN: 978-602-8963-41-1
Dimensi: 16 x 24 cm
Tebal: x + 158 = 168 hal
Harga: Rp 28.000,00


Teknik Jaringan Komputer

Teknik Jaringan Komputer

KUTIPAN ISI BUKU

Teknik Jaringan Komputer

Pendahuluan
Jaringan komputer saat ini bukanlah hal yang awam bagi kita. Kebutuhan akan jaringan komputer, sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, sekolah, instansi atau lembaga untuk memperlancar arus informasi yang mereka miliki. Semenjak kehadiran internet, perkembangan jaringan komputer semakin meningkat pesat. Internet jaman sekarang bagaikan kebutuhan yang wajib terpenuhi bagi semua kalangan. Masyarakat yang membutuhkan aplikasi website seperti surat elektronik (email), berita online, informasi online, toko online, media komunikasi online, dan situs jejaring sosial menjadi alasannya.

Teknik Jaringan Komputer

Namun, minimnya pengetahuan akan jaringan komputer juga menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat, mengapa sampai sekarang mereka tidak menggunakan dan membangun jaringan komputer.

Teknik Jaringan Komputer

Melalui buku ini, pembaca akan diajak untuk mengetahui segala hal tentang jaringan komputer. Mulai dari pengenalan jaringan, jenis-jenis jaringan, topologi jaringan, perangkat jaringan, dan masih banyak lagi. Semoga dengan adanya buku ini, para pembaca dapat memahami lebih jelas tentang jaringan komputer.

Teknik Jaringan Komputer

Salam Hangat = Virgiawan Listanto

—-

BAB I – Dasar Jaringan Komputer

Selamat datang didunia jaringan komputer. Pada bab ini, penulis akan membahas segala hal yang mendasar dari jaringan komputer. Mulai dari pengenalan jaringan komputer, sejarah komputer dan internet, jenis-jenis jaringan komputer, topologi jaringan dan masih banyak lagi. Silahkan cari tempat serileks mungkin untuk membaca dan mempelajari buku ini, sejenak menarik nafas, dan mulai membaca dengan santai.

Mengapa Perlu Belajar Jaringan Komputer?

Jaringan komputer merupakan sesuatu yang sangat luas untuk dibahas, apalagi dunia kerja di bidang IT saat ini sudah banyak yang melirik tunas-tunas muda berbekal pengetahuan jaringan komputer. Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan diatas adalah: “agar kita dapat mengetahui, memahami, dan tidak ketinggalan informasi tentang perkembangan dunia IT”. Jadi, pengetahuan kita akan meluas dan tidak berpatok pada 1 pengetahuan saja, tetapi juga pengetahuan lainnya.

Bagaimana Cara Mempelajari Jaringan Komputer?

Untuk mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan jaringan komputer, cara yang paling mudah adalah dengan membuat sebuah daftar, berisi pertanyaan-pertanyaan kecil tentang apa saja yang harus di pelajari dalam jaringan komputer. Contohnya, jika anda ingin mempelajari hardware komputer, maka buatlah sebuah daftar berisi bermacam-macam pertanyaan seperti: apa itu hardware? jenis-jenis hardware? kenapa dibutuhkan hardware? apa fungsi-fungsi hardware? hingga harga-harga hardware jika perlu.

Referensi Belajar Jaringan Komputer

Untuk referensi kalian dapat menggunakan buku ini sebagai panduan dalam mempelajari jaringan komputer. Selain itu, sebagian besar isi buku ini juga berasal dari sumber-sumber terpercaya di berbagai media. Jadi, tidak perlu khawatir akan ke akuratan materi yang disajikan. Bacalah perlahan-lahan secara step by step, jangan melangkah ke bab selanjutnya jika bab sebelumnya belum dipahami.

Pengenalan Jaringan Komputer

Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sekumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Informasi dan data bergerak melalui media transmisi jaringan baik menggunakan kabel atau tanpa kabel. Sehingga memungkinkan pengguna komputer dapat saling bertukar dokumen atau data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer, atau perangkat yang terhubung ke dalam jaringan disebut node.

Jaringan komputer merupakan ilmu yang harus dipelajari oleh semua pelajar IT diseluruh dunia. Dengan mempelajari jaringan komputer, para pembaca dapat mengetahui bagaimana suatu jaringan dibentuk, dan bagaimana suatu jaringan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Berfikirlah seperti ini, jika anda memiliki komputer yang di dalamnya terdapat sebuah software menarik. Kemudian ada seorang teman yang ingin meminta software tersebut, lalu dengan bantuan sebuah flashdisk sang teman dapat mentransfer software dari komputer anda ke flashdisk miliknya. Selain software, misalkan di komputer anda terdapat sebuah game yang dapat dimainkan lebih dari dua komputer.
Tentu hal ini tidak mungkin di lakukan dengan flashdisk. Jadi, agar game tersebut dapat dimainkan secara bersama-sama, diperlukan sebuah sistem yang disebut jaringan komputer. Dengan menggunakan media penghubung seperti kabel, teman anda dapat memainkan game tersebut secara bersama-sama dengan mencolokkan kabel jaringan dari komputer anda ke laptop miliknya. Jadi, Metode memainkan game secara bersama-sama diatas dapat dikatakan suatu implementasi dari jaringan komputer.

Coba anda bayangkan lagi, sebuah kota dimana anda tinggal pasti memiliki jalur untuk berhubungan dengan kota lain. Contohnya jembatan, jembatan tersebut berfungsi untuk menghubungkan kota anda dengan kota-kota lainnya. Ilustrasi hubungan antar kota melalui jembatan ini, dapat juga dikatakan sebagai implementasi nyata dari jaringan komputer.

Selain itu, Jaringan komputer juga bisa dikatakan dengan “network of network”. Artinya ada jaringan didalam sebuah jaringan. Misalkan sekolah anda memiliki jaringan yang dapat terhubung ke internet. Rencananya, pada tahun ajaran baru sekolah anda akan membangun sebuah laboratorium yang nantinya akan dikhususkan untuk mata pelajaran komputer. Karena laboratorium itu memerlukan koneksi ke internet, maka pihak teknisi sekolah akan membangun sebuah jaringan didalam laboratorium tersebut. Dan tentunya jaringan pada laboratorium itu membutuhkan hubungan ke jaringan lain agar dapat bertukar informasi. Yap, inilah yang disebut dengan network of network.

Mudah-mudahan dengan konsep ilustrasi diatas, para pembaca dapat mengenal dan mengetahui apa itu jaringan komputer.

DAFTAR ISI

Pembukaan
Ucapan Terimakasih
Daftar Isi

BAB I – Dasar Jaringan Komputer
Pengenalan Jaringan Komputer
Sejarah Komputer Dan Internet
Tentang Komputer
Tentang Internet
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
LAN
MAN
WAN
Internet
Jaringan Tanpa Kabel (Nirkabel)
Topologi Jaringan
Macam-Macam Topologi Jaringan
Topologi Bus
Topologi Ring
Topologi Star
Topologi Tree
Topologi Mesh
Topologi Daisy Chain
Topologi Hybrid
Topologi Wireless
Topologi Ad-Hoc
Topologi Infrastruktur
Teknik Penyaluran Sinyal
Baseband
Broadband
Prinsip Penyaluran Sinyal
Unicast
Multicast
Broadcast

BAB II – Perangkat Jaringan
Perangkat Keras Jaringan (Hardware)
Network Interfaces Card (NIC)
HUB
Switch
Repeater
Router
Bridge
Modem
Media Transmisi Jaringan
Jenis-Jenis Media Transmisi Jaringan
Pengkabelan
Coaxial Cable
Thick Coaxial Cable
Thin Coaxial Cable
Twisted Pair Cable
STP (Shielded Twisted Pair)
UTP (Unshielded Twisted Pair)
Fiber Optic
Mengenal Konektor
Konektor BNC
Konektor RJ-45
Konektor Fiber Optic
Teknik Crimping Kabel
Langkah Kerja

BAB IIII – Model Referensi OSI

BAB IV – Model Referensi TCP/IP

BAB V – Internet Protokol

BAB VI – IP Subnetting

BAB VII – Routing

BAB VIII – Membangun Jaringan Komputer Virtual

BAB IX – Mengenal Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text

BAB X – Administrasi Server Linux
Installasi Linux Debian
Administrasi Server Debian
Konfigurasi IP Server
Konfigurasi DNS Server
Konsep DNS
Cara Kerja DNS
Sejarah BIND
Langkah-Langkah Konfigurasi DNS Server
Konfigurasi Web Server
Cara Kerja Web Server
Langkah-Langkah Konfigurasi Web Server

Sumber Referensi
Biodata Penulis

Dapatkan Buku Teknik Jaringan Komputer Sekarang Juga

Related terms: Gambar Komputer, Sejarah Komputer, Pembagian Jaringan Komputer, Tujuan Jaringan Komputer, Teknik Komputer Jaringan, Ilmu Computer, Jaringan Komputer PDF, Jaringan Komputer Dan Internet


Copyright 2010 (c) PrestasiPustakaRaya.com | Hak Cipta Dilindungi Undang-undang